4 Jenis Kandungan Makanan Untuk Memperbanyak Asi

Daun katuk merupakan jenis daun yang sangat populer sebagai salah satu daun yang dapat memperbanyak ASI. Akan tetapi pernahkah Anda mencari tahu apa yang kandungan ada dalam daun katuk tersebut sehingga dapat membantu memperlancar produksi ASI? Ya, sebetulnya bukan daun katuknya yang mampu memberikan Anda kemampuan untuk mempoduksi lebih banyak ASI.

Sesungguhnya kandungan dalam daun katuk inilah yang mampu membantu Anda untuk memproduksi ASI. Sehingga bagi Anda yang kesulitan dalam mendapatkan daun katuk atau bosan dengan konsumsi daun katuk, Anda bisa mengkonsumsi makanan lainnya yang memiliki kandungan yang cocok untuk meningkatkan produksi ASI selain daun katuk. Lalu apa saja kandungan yang mampu membantu memperbanyak ASI ini? Berikut adalah ulasannya.

  • Fitoestrogen

Fitoestrogen merupakan salah satu hormon yang paling banyak memegang peranan dalam produksi ASI. Fitoestrogen ini merupakan salah satu hormon yang mirip dengan hormon esterogen tapi memiliki fungsi yang agak berbeda dalam tubuh wanita. Hormon ini adalah hormon yang mampu menyeimbangkan keberadaan hormon estrogen, oksitosin dan juga hormon prolaktin. Hormon-hormont tersebut merupakan hormon yang penting dalam masa menyusui karena dapat membantu memperbanyak ASI bagi ibu yang baru melahirkan.

Untuk jenis hormon yang satu ini bisa didapatkan dengan cara mengkonsumsi banyak hal. Beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan fitoestrogen yang tinggi antara lain adalah. Anise dan juga fennel. Anise adalah salah satu bumbu dapur yang sering kali kita lihat sebagai garnish dari masakan. Warnanya coklat dan memiliki bentuk seperti bintang.

Sedangkan fennel merupakan jenis makanan yang memiliki bentuk seperti padi. Fennel merupakan makanan sudah sejak lama digunakan dalam proses memperbanyak ASI pada masa lampau. Konsumsi fennel pada ibu yang baru melahirkan menyebabkan tubuh ibu mendapatkan rangsangan yang kuat untuk menghasilkan hormon oksitosin hormon inilah yang merupakan hormon penting bagi ibu yang ingin memproduksi ASI dalam jumlah yang besar.

  • Asam amino atau Trytophan

Tritopan yang merupakan salah satu bagian dari asam animo esensial juga merupakan salah satu hal penting yang diperlukan dalam memperbanyak ASI. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ASI merupakan salah satu hal yang secara alami dihasilkan oleh tubuh ibu yang baru melahirkan. Ibu yang baru melahirkan secara otomatis tubuhnya menghasilkan hormon-hormon yang bertugas untuk meningkatkan jumlah produksi ASI. Hormon-hormon yang bertugas untuk memproduksi ASI ini salah satunya adalah hormon prolaktin.

Hormon prolaktin ini selain diproduksi oleh tubuh ibu juga merupakan hormon yang bisa dengan mudah Anda dapatkan jika Anda mengkonsumsi banyak sayuran. Hormon ini memiliki peran yang sangat penting dalam produksi ASI. Oleh karena itu bagi ibu yang ingin memperbanyak ASI maka perbanyaklah konsumsi sayur-sayuran yang memiliki kandungan yang meningkatkan produksi hormon ini dalam tubuh. Salah satu kandungan yang membantu meningkatkan produksi hormon prolaktin dalan tubuh ibu adalah trytophan. Asam amino esensial ini merupakan asam amino yang dapat dengan mudah Anda temukan pada sayuran.

Memang ada banyak jenis sayuran yang memiliki kandungan asam amino esensial dalam jumlah yang besar. Tapi bagi Anda yang ingin lebih spesifik dan sedang dalam fokus tinggi memperbanyak ASI, konsumsi asparagus dapat membantu Anda untuk membantu meningkatkan produksi ASI dalam tubuh Anda. Anda bisa mengolah asparagus menjadi sup, ditumis atau bahkan hanya dengan dikukus untuk mendapatkan kandungan trytophan yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

  • Asam lemak dan omega 3

Selain kadungan-kandungan yang disebutkan sebelumnya, ada lagi yang diperlukan oleh tubuh ibu untuk memperbanyak ASI yang dimilikinya. Ia adalah asam lemak. Asam lemak merupakan salah satu hal yang penting untuk meningkatkan produksi ASI. Asam lemak ini bisa ditemukan di banyak produk hewani. Salah satu produk yang banyak disarankan bagi Anda yang ingin memproduksi ASI dengan lebih besar adalah salmon. Salmon merupakan salah satu ikan laut yang memiliki kandungan asam lemak dan juga omega 3 yang tinggi. Bukan hanya meningkatkan produksi ASI. Konsumsi asam lemak dan juga omega-2 yang ada dalam ikan salmon ini nantinya juga dapat membantu meningkatkan kualitas ASI yang Anda produksi. Makin tinggi kualitas ASI yang Anda produksi makin cerdas anak yang Anda miliki.

Selain memiliki kandungan asam lemak dan juga omega 3 yang baik untuk meningkatkan kualitas ASI, salmon juga merupakan salah satu ikan lautan yang memiliki kandungan merkuri yang sangat rendah. Ya, ketika Anda hamil dan menyusui memang sebaiknya Anda lebih memilih makanan yang Anda konsumsi. Ikan laut adalah salah satunya. Mengapa? Hal ini disebabkan karena lautan merupakan salah satu sumber logam berat merkuri yang cukup kuat. Oleh karena itu pilihlah ikan-ikan laut yang memang sudah terbukti memiliki kandungan merkuri yang lebih kecil. Atau jika tidak sebaiknya lebih pilih ikan tambak yang airnya sudah jelas diambil dari pegunungan. Hal ini akan lebih baik bagi Anda yang ingin memperbanyak ASI.

  • Vitamin penambah asi

Selain kandungan-kandungan yang telah disebutkan sebelumnya, masih ada banyak lagi jenis kandungan yang dapat membantu memperbanyak ASI. Salah satunya adalah vitamin. Vitamin adalah salah satu yang paling banyak diproduksi dari buah dan juga sayuran. Hal inilah yang membuat ibu-ibu sebaiknya mengkonsumsi banyak buah dan sayuran ketika ia hamil dan melahirkan. Ada banyak jenis vitamin yang diperlukan ibu untuk memproduksi ASI secara lancar. Vitamin tersebut antara lain adalah :

  • Vitamin B

Vitamin B merupakan vitamin yang sangat banyak jenisnya ada 12 yang bisa kita kenal saat ini. Vitamin-vitamin ini memiliki peranan sendiri-sendiri dalam membantu memperbanyak ASI. Salah satunya adalah vitamin B12. Vitamin B12 merupakan vitamin yang paling mudah larut dalam air. Vitamin ini memiliki peran yang penting dalam metabolisme tubuh. Jika kebutuhan akan vitamin ini cukup maka produksi ASI dalam tubuh ibu juga akan makin baik. Selain vitamin B12, keberadaan vitamin B1 dan juga B2 juga penting dalam memperbanyak ASI. Vitamin ini dapat dengan mudah Anda temukan dalam kacang-kacangan dan juga biji-bijian.

  • Vitamin A

Satu lagi jenis vitamin yang baik untuk memperbanyak ASI vitamin ini adalah vitamin A. Vitamin A adalah vitamin yang berfungsi meningkatkan kesehatan mata. Tapi selain mampu meningkatkan kesehatan mata, vitamin A juga memiliki peranan dalam membantu memperbanyak ASI. Bagi Anda yang sedang dalam proses memperbanyak produksi ASI bisa melakukannya dengan konsumsi ubi, brokoli, kangkung dan produk-produk hewani seperti olahan susu dan juga hati sapi.

Selain memperhatikan jumlah air susu yang Anda produksi sebaiknya Anda juga tidak meninggalkan kualitas ASI yang akan dikonsumsi oleh buah hati Anda. Oleh karena itu selain mengkonsumsi makanan-makanan yang membantu memperbanyak ASI sebaiknya Anda juga melengkapi nutrisi Anda dengan makanan yang mampu meningkatkan kualitas ASI. Sehingga selain banyak ASI Anda juga bermanfaat untuk anak Anda.